BIMTEK DESA | BIMTEK KEUANGAN DESA | BIMTEK PEMERINTAHAN DESA

BIMTEK DESA | BIMTEK KEUANGAN DESA | BIMTEK PEMERINTAHAN DESA

Dengan Hormat, Gubernur, Walikota, Bupati, Seketariat Daerah, DPRD, Camat, Lurah, Kepala Desa, Kepala Dinas, Badan, Unit SKPD dan Instansi yang terkait diseluruh Indonesia yang berkaitan dengan Bimtek Desa 2019 | Bimtek Keuangan & Pemerintahan Desa ini.

Bimtek, Diklat, Sosialisasi, Kunjungan Studi Banding Pemerintahan Desa Merupakan Kegiatan yang diselenggarakan oleh Government Training Center (GTC DIKLAT) . Kami menyediakan beberapa Judul yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan oleh para calon peserta yang ingin mendaftarkan diri pada Bimtek Desa 2019 ini.

BIMTEK, DIKLAT DESA KEUANGAN DAN PEMERINTAHAN DESA

UU Desa juga mengatur mengenai Badan Usaha Milik Desa (BUMD) yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan. Hal itu dilakukan untuk mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya demi kesejahteraan masyarakat desa, Penerapan alokasi anggaran untuk desa tersebut yang akan dilaksanakan pada APBN 2015 tentu selain akan berdampak pada perbaikan kulitas kehidupan desa juga menjadi tantangan bagi para pengelola dana tersebut.

Alokasi dana untuk desa yang cukup besar bila dibandingkan kondisi sekarang rentan menjadi jebakan korupsi dan potensi mal administrasi karena keterbatasan kemampuan pamong, terutama apabila akuntabilitas dan transparansi penggunaan dana tidak dilaksanakan dengan baik.

Selain itu, berdasarkan UU No 17 tahun 2013 tentang Keuangan Negara, UU No 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, serta UU No 15 tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Kuangan (BPK), karena berasal dari APBN maka Dana Anggaran Desa yang tercantum pada pasal 72 UU Desa merupakan bagian dari Keuangan Negara sehingga laporan penggunaannya harus diaudit oleh BPK.

SOSIALISAI TENTANG UNDANGAN UNDANG ANGGARAN DESA

Sedangkan, PP No 72 tahun 2005 tentang Desa menjelaskan kewajiban membuat laporan tentang penyelenggaraan pemerintahan ada di pundak Kepala Desa. Dalam rangka mengantisipasi pelaksanaan UU Desa ini maka diperlukan peningkatan kapasitas dan kemampuan dari para pejabat desa, sehingga mereka sadar hak dan kewajiban mereka terhadap pengajuan dan penggunaan dana Anggaran Desa, serta sanggup membuat laporan dan mempertanggung jawabkannya kepada BPK.

Selain dua persoalan tersebut di atas, masih banyak persoalan lain yang mungkin timbul dengan pengesahaan UU Desa ini. Misalnya, akan semakin banyak usulan pemekaran desa, atau bagaimana melakukan sinkronisasi terhadap perencanaan dan penganggaran atas dana-dana yang masuk ke Desa sehingga lebih bermanfaat untuk masyarakat desa.

Sinkronisasi perencanaan keuangan yang masuk ke desa juga harus di tata dengan baik guna mendorong terwujudnya tata pemerintahan lokal yang baik, transparan, dan adil bagi kesejahteraan sosial masLihat blogyarakat sehingga bisa lebih menyejahterakan masyarakat desa.

Pada anggaran desa yang di canangkan oleh pusat, masih saja banyak dari desa desa diseluruh Indonesia yang juga masih minim pengetahuannya dalam ppenggunaan anggaran tersebut, sehingga tidak sedikit aparat aparat desa yang terkena kasus penyalahgunaan anggara yang dikarenakan ketidak tahuan dengan ketentuan yang berlaku. Maka dari itu kita berkomitmen untuk hadir dalam rangka memenuhi informasi aparat-aparat desa dalam mengelola anggaran desa dengan mengikuti Bimtek Desa 2019| Bimtek Keuangan & Pemerintahan Desa yang kami selenggarakan sehingga terhindar dari pelanggaran pelanggaran yang belum dipahami sepenuhnya.

Baca Juga : BIMTEK TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA DALAM MENDORONG AKUNTABILITAS PEMERINTAHAN DESA YANG PROFESIONAL DEMI TERCAPAINYA PROGRAM MASYARAKAT YANG ADIL DAN SEJAHTERA

Berikut daftar bimtek yang kami selenggarakan, untuk informasi lebih lanjut bisa klik judul pada Bimtek Desa 2019 | Bimtek Keuangan & Pemerintahan Desa yang tersedia berikut :

  1. BIMTEK TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA DALAM MENDORONG AKUNTABILITAS PEMERINTAHAN DESA YANG PROFESIONAL DEMI TERCAPAINYA PROGRAM MASYARAKAT YANG ADIL DAN SEJAHTERA
  2. BIMTEK DIKLAT PENGELOLAAN KEUANGAN DESA SERTA PENYUSUNAN LAPORAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN PEMERINTAH DESA BERDASARKAN PERMENDAGRI NOMOR 20 TAHUN 2018

  3. BIMTEK DIKLAT MEKANISME DAN TATA CARA PENGADAAN BARANG DAN JASA DI DESA

  4. BIMTEK DIKLAT MANAJEMEN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA DAN  (SISKEUDES)

  5. BIMTEK DIKLAT PENDAMPINGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

  6. BIMTEK DIKLAT PENGELOLAAN ASET DESA

  7. BIMTEK DIKLAT PENYUSUNAN PRODUK HUKUM DESA

  8. BIMTEK DIKLAT PEMILIHAN KEPALA DESA, PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN KEPALA DESA DAN TATA CARA KERJASAMA DESA DI BIDANG PEMERINTAHAN DESA

  9. BIMTEK DIKLAT RENCANA STRATEGIS PELAKSANAAN (ADD)

  10. BIMTEK PENYUSUNAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH (RPJM DESA)

  11. BIMTEK DIKLAT PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA

  12. BIMTEK DIKLAT MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA

  13. BIMTEK DIKLAT PAJAK ANGGARAN DANA DESA

  14. BIMTEK DIKLAT STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA (PADES)

Demikian Informasi untuk Bimtek yang bisa kami sampaikan, atas perhatiannya GTC DIKLAT mengucapkan terima kasih.

BIAYA KONTRIBUSIFASILITAS PESERTAFORMULIR PENDAFTARAN

Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi :  Jakarta, Bogor dan Bandung 

  • 1. Biaya bimtek : Rp. 4.250.000,- 

    (Sudah termasuk penginapan hotel 4 hari – 3 malam) 

  • 2. Biaya bimtek : Rp. 3.250.000,- 

    (Tidak termasuk Penginapan)


Biaya Kontribusi Bimtek Lokasi :  Jogja, Semarang, Surabaya, Bali, Batam, Medan, Lombok dan Makassar

  • 1. Biaya bimtek : Rp. 4.500.000,- 

    (Sudah termasuk penginapan hotel 4 hari – 3 malam) 

  • 2. Biaya bimtek : Rp. 3.500.000,- 

    (Tidak termasuk Penginapan)

1. Fasilitas dengan penginapan 4 day – 3 night

    • Bimtek kit (Tas bimtek, Alat tulis dan Modul).
    • Checkin & Checkout : 1 hari sebelum kegiatan & 1 hari setelah kegiatan selasai.
    • Akomodasi hotel selama 3 malam Twin sharing (1 Kamar untuk 2 orang peserta).
    • Sarapan pagi, Makan siang, Makan malam & 2 X Coffebreak – Selama kegiatan berlangsung.
    • Flasdisk 8 GB & Souvenir.
    • Sertifikat bimtek dari GTC DIKLAT
    • Antar jemput bandara untuk group rombongan minimal 6 peserta.
    • Free akses layanan wifi.
  •  

2. Fasilitas peserta tanpa penginapan

  • Bimtek kit (Tas bimtek, Alat tulis dan Modul).
  • Makan siang, Makan malam & 2 X Coffebreak – Selama kegiatan berlangsung
  • Flasdisk 8 GB & Souvenir.
  • Sertifikat bimtek dari GTC DIKLAT
  • Antar jemput bandara untuk group rombongan minimal 6 peserta.
  • Free akses layanan wifi.

Download Formulir Pendaftaran : Di sini

Konfirmasi peserta paling lambat 4 hari sebelum pelaksanaan bimtek berlangsung. Hubungi kami untuk pertanyaan lainnya : Telp : 021.4306001 – 4305959 | Hp/Wa : 0813.1603.9970 atau chat klik disini 

Download jadwal bimtek januari s/d Desember 2019 : Klik disini